PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG
Dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis saat ini dan menghadapi
banyaknya inovasi yang dilakukan di berbagai bidang usaha maka, kami disini
memiliki ide bisnis yang komersil dengan melihat peluang yang ada disekitar
lingkungan kami khususnya di sekitar kampus Politeknik Sawunggalih Aji, kami
melihat peluang bisnis yang menjanjikan terutama dalam bidang kuliner yaitu Café, karena
disekitar wilayah usaha, kami lihat belum terdapat adanya usaha café disana. Maka
kami berinisiatif untuk membuat usaha café diwilayah ini dengan melihat
peluang pasar yang ada adalah kalangan
remaja hingga dewasa dan yang lebih mendominasi adalah kalangan mahasiswa atau
remaja maka kami disini menginginkan mahasiswa dapat menikmati berbagai jenis
hidangan yang kita sajikan dengan harga yang terjangkau dan dengan kualitas
makanan yang terjamin kebersihan dan kesehatannya, serta dapat dinikmati oleh
berbagai kalangan. Kemudian dengan lokasi tempat yang strategis yang dilalui
oleh banyak kendaraan sehingga akan mudah untuk di kenal oleh masyarakat atau
lingkungan disekitar area usaha.
RUANG LINGKUP
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Visi Perusahaan
Menjadi Café yang nyaman,
asri, hemat dan sehat serta diminati oleh setiap kalangan
Misi Perusahaan :
1.Membuat makanan
yang sehat dengan menggunakan bahan baku organik.
2. Selalu
berinovasi dalam cita rasa masakan dan penyajiannya.
3. Mengajarkan
kedisiplinan bagi setiap karyawan.
4. Memberikan
pelayanan prima terhadap pelanggan atau konsumen.
A.Struktur Organisasi Perusahaan
Job Description
(Tugas – tugas tiap Bagian)
1. Manager :
1. Mengawasi
setiap kegiatan karyawan dan kegiatan yang ada di perusahaan.
2. Menilai dan
mengontrol kinerja setiap karyawannya.
3. Menentukan
pengambilan keputusan setiap rencana atau kegiatan perusahaan yang akan dilaksanakan.
4. Memberhentikan
karyawan apabila terjadi hal yang dilakukan karyawan yang dapat merugikan perusahaan.
5. Menggaji
Karyawan
Bagian Personalia :
Menyeleksi dan
merekrut karyawan dengan kriteria – kriteria tertentu berdasarkan kriteria yang ada di dalam
perusahaan.
Mengevaluasi
setiap kinerja karyawan.
Bagian Keuangan :
Membuat laporan
keuangan setiap bulan dan melaporkannya langsung kepada manager.
Melaksanakan
perintah manager dalam hal penggajian.
Mencatat semua
transaksi yang terjadi di perusahaan dengan jelas dan menghitungnya secara
akurat.
Bagian
Administrasi:
Menyimpan arsip
atau berkas – berkas perusahaan.
Merawat dan
memelihara arsip- arsip perusahaan.
Membuat arsip
perusahaan.
Bagian Kasir :
Mencatat secara
langsung transaksi yang terjadi dengan konsumen.
Memberikan
rangkapan bon pembelian kepada bagian keuangan dengan jelas dan terperinci.
Bagian Produksi :
Membuat atau
memproduksi bahan baku menjadi barang jadi yaitu masakan.
Mengontrol setiap
produksi yang di jual kepada konsumen.
Berinovasi setiap
saat dari segi cita rasa dan penyajian dengan mengikuti perkembangan yang ada.
ASPEK
PASAR DAN PEMASARAN
Peluang Pasar :
Lokasi tempat
usaha yang strategis karena berada di pusat kota yang dilewati oleh banyak
kendaraan serta dikelilingi oleh perusahaan dan kampus.
Pesaing yang belum
ada karena memang di sekitar area usaha belum ada yang mendirikan usaha café ditempat
tersebut.
Jumlah target
pasar yang menjanjikan kesuksessan café kami dikarenakan banyaknya kalangan remaja dan dewasa yang
merupakan tujuan utama target pasar kami dalam memasarkan produk yang kami
buat.
Perkembangan Pasar :
Usaha café kami yang
bernama “Café Conex’”, didalamnya kami tidak hanya menyediakan hidangan kuliner saja
namun dalam perusahaan kami juga menyediakan hot spot gratis bagi pelanggan
yang memesan makanan dan minuman diatas Rp.15.000,-.
Selain itu kami
juga menyediakan tempat pembelian accesoris wanita dikarenakan banyaknya
mahasiswa perempuan di sekitar kampus sehingga kami juga sedang mencoba peluang
usaha baru selain café.
Nama – nama menu
yang menarik sesuai dengan dunia online (dunia maya) sehingga dapat terus
dikembangkan terus menerus dari segi menu sesuai dengan dunia online yang sedang
trend atau berkembang.
Penetapan Pangsa
Pasar :
Dari segi usia
Pelanggan berkisar antara usia 17 tahun – 40 tahun
Dari segi
pendapatan adalah mencakup semua kalangan baik dari kalangan yang pendapatan
nya menengah ke bawah maupun ke atas dapat menikmati produk atau hidangan yang
kami buat.
Target pasar
terbesar adalah kalangan wanita baik remaja maupun dewasa.
Analisis SWOT :
Strange : 1. Harga
makanan dan minuman yang murah (terjangkau).
Nama – nama menu
yang menarik dan unik akan membuat pelanggan penasaran dan tertarik untuk
menikmati produk yang kami buat.
Adanya fasilitas
Hot Spot gratis setiap pembelian produk kami di atas nominal Rp.15.000 yang
menambah kenyamanan pelanggan serta kepuasan pelanggan dari segi pelayanan.
Menyediakan
berbagai macam accesoris wanita dan pria sehingga pelanggan dapat melihat – lihat atau
membeli accesoris yang diinginkan di “café Conex” ini.
2.Weakness : 1.
Belum banyak dikenal oleh masyarakat.
2. Modal terbatas karena masih menggunakan
modal sendiri.
3.Opportunity :
1. Belum adanya pesaing disekitar area usaha.
2. Tempat usaha yang strategis karena berada
di pusat kota, dekat dengan kampus dan perusahaan – perusahaan. Kemudian tempat usaha
juga banyak dilalui oleh kendaraan sehingga memungkinkan untuk mudah di kenal
oleh kalangan masyarakat.
4.Threats :
1. Modal kurang (Modal sendiri) karena dikhawatirkan usaha yang didirikan tidak sukses sehingga modal tidak
kembali seperti semula.
2. Usaha yang
didirikan kurang diminati oleh kalangan masyarakat
( Kurang peminat).
Jumlah tenaga
kerja yang di butuhkan dalam memenuhi kebutuhan pasar
Manager 1 orang
Bagian Personalia 1 orang
Bagian Keuangan 1 orang
Bagian Kasir 1 orang
Bagian Produksi 2 orang
Waitters 2 orang
Bagian Order 1 orang
JUMLAH 9 orang
ASPEK PRODUKSI
Faktor – faktor yang
harus dipertimbangkan dari segi aspek produksi adalah :
Lokasi usaha atau
proyek café online ini berlokasi di Jl.Jendral Gatot Subroto No.308 dengan luas
tanah sekitar 700m2 dan luas bangunan 600m2 . Café Conex ini secara keseluruhan
dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
Area Dapur
(Kitchen area)
Area Restoran
(Restaurant area)
Area Aksesoris
(Accesoris area)
Lahan Parkir
(Parking area)
Area Dapur
Area dapur
memiliki beberapa area yang di buat sedemikian rupa memenuhi standar kebersihan
dan kesehatan, karena disinilah tempat untuk menghasilkan hidangan makanan
maupun minuman yang merupakan area persiapan, area pengolahan, sampai dengan
area pencucian.
Café Conek juga
memiliki ketentuan – ketentuan bangunan untuk menunjang keselamatan kerja di area ini,
yaitu :
Lantai
Bahan lantai yang
digunakan tidak licin dan mudah dibersihkan, kemudian memiliki saluran untuk
pembuangan pada saat proses pembersihan lantai.
Dinding
Dinding berwarna
putih sehingga terkesan bersih dan terang. Jika memungkinkan dinding dapat
dilapisi oleh bahan yang mudah dibersihkan seperti keramik untuk lantai.
Atap
Bahan untuk atap
adalah menggunakan bahan yang tidak mudah bocor. Dan atap di buat agak tinggi
dari ukuran normal gunanya adalah untuk sirkulasi udara yang lebih baik.
Lain – lain
misalnya :
– Penerangan yang cukup
– Saluran pembuangan air
– Pipa penghisap asap
– Saluran untuk sumber bahan bakar gas dan alat deteksi apabila gas
bocor
– Alat deteksi asap untuk antisipasi kebakaran
– Dibuat lebih banyak jendela untuk sirkulasi udara
– Lemari es untuk bahan baku dingin.
– Area Restoran
1. Panggung
Digunakan untuk live band atau hiburan
musik, pada event – event tertentu.
Area Meja Konsumen
Café online
menyediakan 10 meja pelanggan dengan masing – masing meja dilengkapi oleh 4 buah
kursi. Dekorasi meja akan di design sesuai dengan nama café kami yaitu
akan bernuansakan dunia teknologi khususnya dunia internet.
Area akses
internet atau internet hot spot
Café Conex
menyediakan 2 unit computer yang bisa digunakan oleh pelanggan secara gratis
dengan jumlah pembelian di atas Rp.15.000,-. Layanan internet ini disediakan
untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dalam menghadapi tantangan global di
masa yang akan datang, maka dari sekarang kita harus bisa menggunakan teknologi
yang ada untuk mengimbangi perkembangan jaman yang terus menerus namun tidak
disalah gunakan juga dalam penggunaannya.
Kamar Kecil
Di bagi 2 yaitu
untuk laki – laki dan untuk perempuan yang masing – masing di dalam areanya tersedia 1
buah tempat cuci tangan dan 2 toilet.
Area Aksesoris
Dinding
Warna dinding
untuk tempat aksesoris adalah biru laut, karena untuk menciptakan ketenangan
dan kenyamanan dalam memilih milih aksesoris yang akan di beli.
Lantai
Bahan lantai yang
digunakan adalah bahan lantai yang todak licin dan berwarna kayu, itu juga
berfungsi untuk menciptakan suasana tradisional dan asri.
Lahan Parkir
Lahan parker
dibagi menjadi 2 bagian yaitu lahan parkir untuk mobil yang cukup untuk
maksimal 10 buah mobil, dan bagian lain adalah untuk kendaraan roda dua seperti
motor, sepeda dan kendaraan tradisional lain juga. Setiap kendaraan di
kendalikan oleh petugas keamanan dari café kami sendiri, dan setiap kendaraan
tidak dikenakan biaya parkir.
2. Sumber Bahan
Baku
Bahan baku yang digunakan dikelompokan
menjadi 6 golongan yaitu sebagai berikut :
Daging (Meat)
Sayuran
(Vegetables)
Bumbu (Herbs and
Spices)
Lain-Lain (Others)
Minuman (Drink)
Buah (Fruits)
Dengan semua pembelian bahan baku adalah
berasal dari dalam negeri.
Jenis Teknologi
atau Peralatan yang digunakan dalam proses produksi adalah menggunakan
teknologi atau peralatan modern agar makanan lebih cepat dalam menghidangkan
makanan atau minuman yang di pesan oleh pelanggan sehingga pelanggan akan
merasa puas dengan pelayanan dari café online ini.
Jenis dan jumlah
investasi adalah berasal dari modal sendiri dan jumlah investasinya adalah
berasal dari para investor yang mendukung berdirinya café Conex ini.
ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN
Perkiraan Biaya – biaya Per
Bulan:
Biaya Bahan Baku :
1.Biaya bahan baku
Café
– Daging Ayam 10
ekor/hari x 25000 = 250.000 x 30hari Rp.
7.500.000,-
– Daging Sapi 4kg x 60.000 =
240.000 x 30hari Rp. 7.200.000,-
– Aneka Sayuran 150.000
x 30hari Rp. 4.500.000,-
– Bumbu Dapur 150.000
x 30hari Rp. 4.500.000,-
– Beras 150.000 x
30hari Rp. 4.500.000,-
– Aneka Buah 200.000 x 30hari Rp. 6.000.000,-
– Bahan lain-lain 300.000
x 30hari Rp. 9.000.000,-
– Gas 100.000 x 30hari Rp. 3.000.000,-
JUMLAH Rp.46.200.000,-
2.Biaya bahan baku
Aksesoris
– Gelang Rp. 100.000,-
– Kalung Rp. 100.000,-
– Kaca mata Rp. 150.000,-
– Gantungan HP Rp. 50.000,-
JUMLAH Rp.
400.000,-
Biaya Gaji dan Upah
Gaji Pimpinan
(Manager) Rp. 1.500.000,-
Gaji Pegawai Tetap
-Chef 2 orang Rp. 3.500.000,-
-Waiters 2 orang Rp. 1.000.000,-
-Bagian Order 1 orang Rp. 500.000,-
-Bagian Kasir 1 orang Rp. 750.000,-
-Bagian Personalia 1 orang Rp. 1.000.000,-
-Bagian Keuangan 1 orang Rp. 1.000.000,-
JUMLAH Rp. 9.250.000,-
Biaya Operasional
Biaya Promosi
(Iklan dan pamflet) Rp 100.000,-
Biaya Listrik/Air
dan Telepon Rp. 500.000,-
Transportasi Rp.
200.000,-
Biaya Administrasi Rp.
200.000,-
JUMLAH Rp. 1.000.000,-
Biaya Peralatan
dan Perlengkapan
Pembelian 1 unit
Motor Rp.12.000.000,-
Komputer Pentium 4
(2 unit) Rp. 5.000.000,-
Kompor Gas Rp.
700.000,-
Peralatan Makan
dan Minum Rp. 2.000.000,-
Meja dan Kursi Rp. 10.000.000,-
Alat – alat lain Rp. 20.000.000,-
JUMLAH (Dana dari
modal sendiri) Rp. 49.700.000,-
Jadi Total Modal
Awal Rp. 106.550.000,-
Total penjualan
yang diinginkan/bln 85org x 30hari x 25.000 Rp. 63.750.000,-
Total Biaya Per
Bulan (Biaya bahan baku+gaji dan upah+Operasional) (Rp.
56.850.000,-)
Laba Kotor/bulan Rp. 6.900.000,-
Pajak 10 % (Rp. 690.000,-)
Laba bersih/bulan Rp. 6.210.000,-
Maka dengan melihat
perhitungan keuangan di atas kita dapat menganalisis kelayakan proyek dari segi
kauangannya yaitu dengan kita mencoba menghitung pay back period nya :
Modal awal yang
kita miliki adalah “ Rp.106.550.000,-“ yang merupakan modal kerja. Umur ekonomis yang kita inginkan adalah
2 tahun dapat mengembalikan modal seperti semula atau mendapatkan BEP (Break
Event Point). Dan Perkiraan pendapatan adalah 18 bulan berturut – turut adalah
:
No.BulanPendapatan :
1.JanuariRp.
6.210.000,
-2.FebruariRp.
6.210.000,
-3.MaretRp.
6.210.000,
-4.AprilRp.
6.210.000,
-5.MeiRp.
6.210.000,
-6.JuniRp.
6.210.000
,-7.JuliRp.
6.210.000,
-8.AgustusRp.
6.210.000,
-9.SeptemberRp.
6.210.000,
-10.OktoberRp.
6.210.000,
-11.NovemberRp.
6.210.000,
-12.DesemberRp.
6.210.000,
-13.JanuariRp. 6.210.000,
-14.FebruariRp.
6.210.000,
-15.MaretRp.
6.210.000,
-16.AprilRp.
6.210.000,
-17.MeiRp.
6.210.000,
-18.JuniRp.
6.210.000,
-JUMLAHRp.
111.780.000,-
Maka diperkirakan
selama 18bulan kita dapat meraih BEP atau feed back kembali Yaitu total
pendapatan – Modal awal yaitu:
Rp. 111.780.000 – Rp.
106.550.000 = Rp. 5.230.000
Maka perhitungan
Pay Back Period adalah:
Rp. 5.230.000 x 30
hari = 25,26 = 25 hari
Rp. 6.210.000
Maka Pay back
period adalah 18 bulan 25 hari
Maka proyek ini
LAYAK untuk di jalankan karena keuntungan dan BEP dapat diraih kurang dari 2
tahun.
RENCANA USAHA
Jenis Usaha
Jenis usaha yang
kami akan kelola adalah usaha di bidang Kuliner yaitu café yang kami
namakan “Café Conex”. Yang di dalamnya juga dilengkapi dengan internet hot spot dan tempat
penjualan aksesoris bagi pria maupun wanita.
Bentuk Usaha
Bentuk usaha yang
kami buat adalah bentu usaha kuliner dan kerajinan tangan yaitu aksesoris.
Macam – macam bentuk kuliner dan kerajinan yang kami produksi diantaranya
adalah sebagai berikut :
Untuk Usaha Café Bentuk yang
diproduksinya adalah :
Menu – menu yang di
buat:
-Makanan Pembuka
ü
Tumis Bola
ü
Bola Google
ü
Ayam Bakar You Tube
ü
Lautan Biru.Com
ü
Nasi Shusii ala Windows
ü
Jamur Tumis Pedasnya
Yahoo!
ü
Nasi Goreng 4 shared.com
ü
Kentang sosis Ala facebook
-Minuman
ü
Ngopi Yuk!. Com
ü
Milkshake Strawbery ala Shinta
dan Jojo
ü
Jus Pisang Strawbery.com
ü
Jus alpukat ala pak Yahoo!
-Makanan Penutup
ü
Puding Terjun Yahoo!
ü
Puding Mozaik Buah ala Bu
Google
ü
Sup Buah Eskrim durian
runtuh.com
ü
Untuk Usaha
Aksesoris kami membelinya dari pemasok untuk contoh akseorisnya adalad sebagai
berikut :
Terdiri dari:
-Kalung
-Gantungan
handphone
– boneka dll.
Kapasilitas
Produksi
Kapasitas dan kualitas produksi sangat terjamin untuk bisnis café menu – menu yang di
buat sendiri sangatlah terjamin dari segi kebersihan, kesehatan dan cita rasa
serta penyajiannya karena kami menggunakan juru masak yang sudah cukup
berpengalaman di bidang kuliner, sedangkan untuk bisnis pelengkap yaitu
aksesoris wanita juga terjamin dari kualitas dan keawetan produk aksesoris yang
di buat karena kami membelinya dari pemasok yang memang khusus memproduksi
pernak pernik aksesoris baik aksesoris pria maupun wanita. Sehingga dalam hal
ini memungkinkan produk yang di buat akan laku terjual dengan baik sesuai
dengan tingkat penjualan yang diharapkan oleh perusahaan.
PEMASARAN ATAU
PESAING
A. Daerah
Pemasaran : 1. Berada dekat pusat kota dan dikelilingi perusahaan – perusahaan
atau kantor dan kampus.
2.
Di lalui oleh banyak kendaraan karena terletak di pinggir jalan.
3.
Lingkungan cukup bersih dan tempat usaha cukup luas dan strategis.
B. Sistem
Penjualan Produk :
Sistem penjualan produk sesuai dengan
sistem pemasaran dengan mempertimbangkan aspek 4P yaitu :
-Place : Tempat Usaha yang cukup strategis sehingga
mempermudah dalam hal penjualan atau pemasaran produk yang di buat, dikarenakan
dilalui banyak kendaraan sehingga usaha pun akan mudah dikenal di lingkungan
sekitar.
-Promotion : Untuk mempromosikan produk dari café Conex ini
kami menggunakan cara yaitu dengan memasang iklan di media-media cetak,
kemudian kami juga membuat dan menyebarkan pamflet, kami juga menyediakan
fasilitas delivery order baik pemesanan dalam jumlah besar maupun kecil.
-Price : Harga untuk setiap hidangan di café Conex ini
relative murah dan terjangkau oleh semua kalangan, kemudian di tambah adanya
fasilitas tempat pembelian aksesoris yang harganya juga terjangkau.
-Product : Nama menu makanan yang unik
menjadi nilai jual tambah yang cukup komersil untuk menarik minat para
konsumen, kemudian bentuk penyajian makanan yang menarik juga salah satu
inovasi kami, dan bentuk-bentuk aksesoris lucu dan unik.
C.Saingan Produk
Sejenis
Di wilayah sekitar
usaha belum terdapat adanya pesaing dikarenakan belum ada café di sekitar
area usaha sehingga memungkinkan kami untuk membangun usaha café Conex ini.
Dan memperkecil ancaman yang ada dengan tidak adanya pesaing.
D.Rencana
Penjualan
Rencana kami dalam
penjualan adalah memiliki target – target pasar sebagai berikut:
1.Kalangan wanita
remaja maupun dewasa yang usianya berkisar antara 17 – 40 tahun merupakan target
penjualan pasar yang paling utama.
2.Selalu
berinovasi dalam produk baik dari cita rasa, penyajian hidangan maupun dari
nama – nama produk yang komersil dan unik.
3.Membuka cabang
baru apabila modal usaha sudah kembali.
4. Produk yang di
buat dapat di sukai oleh semua kalangan masyarakat.
E. Hasil Penjualan
Per bulan : 85 orang x 30 hari x 25.000 Rp.63.750.000,-
Modal Usaha /
Kerja
Biaya Bahan Baku :
1.Biaya bahan baku
Café
– Daging Ayam 10
ekor/hari x 25000 = 250.000 x 30hari Rp.
7.500.000,-
– Daging Sapi 4kg x 60.000 =
240.000 x 30hari Rp. 7.200.000,-
– Aneka Sayuran 150.000
x 30hari Rp.
4.500.000,-
– Bumbu Dapur 150.000
x 30hari Rp. 4.500.000,-
– Beras 150.000 x
30hari Rp. 4.500.000,-
– Aneka Buah 200.000 x 30hari Rp. 6.000.000,-
– Bahan lain-lain 300.000
x 30hari Rp. 9.000.000,-
– Gas 100.000 x 30hari Rp.
3.000.000,-
JUMLAH Rp.46.200.000,-
2. Biaya bahan
baku Aksesoris
– Gelang Rp.
100.000,-
– Kalung Rp.
100.000,-
– Kaca mata Rp.
150.000,-
– Gantungan HP Rp. 50.000,-
JUMLAH Rp. 400.000,-
Biaya Gaji dan
Upah
Gaji Pimpinan
(Manager) Rp. 1.500.000,-
Gaji Pegawai Tetap
-Chef 2 orang Rp.
3.500.000,-
-Waiters 2 orang Rp.
1.000.000,-
-Bagian Order 1 orang Rp. 500.000,-
-Bagian Kasir 1 orang Rp. 750.000,-
-Bagian Personalia 1 orang Rp. 1.000.000,-
-Bagian Keuangan 1 orang Rp. 1.000.000,-
JUMLAH Rp.
9.250.000,-
Biaya Operasional
Biaya Promosi (Iklan
dan pamflet) Rp 100.000,-
Biaya Listrik/Air
dan Telepon Rp. 500.000,-
Transportasi Rp.
200.000,-
Biaya Administrasi Rp.200.000,-
JUMLAH Rp. 1.000.000,-
Total Biaya
Produksi / bulan Rp.
56.850.000,-
Pendapatan(laba)sebelum
pajak Rp.63.750.000 – Rp. 56.850.000 = Rp. 6.900.000,-
Bunga dan pajak
10% (Rp. 690.000,-)
Laba Bersih
Perusahaan/ bulan Rp. 6.210.000,-
0 komentar:
Posting Komentar